MPPL - Tugas 4 Membuat Resume KAK (Kerangka Acuan Kerja)

Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Tugas 4 - Membuat Resume Kerangka Acuan Kerja (KAK)


Nama    : Ida Bagus Kade Rainata Putra Wibawa
NRP      : 5025201235
Kelas     : MPPL B
Tahun    : 2022


DOKUMEN KAK YANG DI RESUME : LINK DOKUMEN

1. What
Kerangka Acuan Kerja yang dibuat adalah KAK pengadaan Jasa Tenaga Informasi dan Teknologi Jasa Admin Pontive Center (Programmer Web dan Aplikasi) adalah untuk menyediakan tenaga operasional yang medukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak khususnya dalam menyelenggarakan layanan-layanan yang ada di Pontianak Interactive Center (Pontive Center).

2. Why
    Sistem ini dibangun karena pemerintah ingin memberikan pelayanan perizinan terbaik kepada warganya dengan cara yang mudah dijangkau, cepat, murah sehingga dapat meningkatkan transparansi pemerintahan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, Agar pelayanan pemberian perizinan dapat berjalan dengan baik, cepat, profesional dan bertanggung jawab, maka diperlukan membentuk Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, yang dilaksanakan dengan berpedoman pada ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah. 
    Dengan adanya sistem ini, semua persyaratan administrasi bisa diunggah melalui aplikasi web. Pemohon tidak harus datang ke kantor untuk menyerahkan berkas persyaratan administrasi. Dan ada mekanisme verikasi dan informasi tentang lengkapnya adaministrasi yang diperlukan. Serta bisa dipantau progresnya.

3. Who
Pengerjaan proyek akan dikerjakan oleh tenaga ahli dengan kualifikasi yang memadai. Dan pekerjaan akan dibagi menjadi Kelompok Kerja sesuai dengan tahapan-tahapan kegiatan, yaitu: Tim Teknis Perancangan, Tim teknis Pemrograman, dan Tim Evaluasi. Adapun penganggung jawab dalam proyek ini adalah Tim Teknis dari BKD Provinsi Jawa Tengah yang diketuai oleh Drs. Mohamad Arief Irwanto, M. Si

4. When
    Pembuatan Perijinan Berbasis Web ini berlangsung selama 120 (Seratus dua puluh) hari, dimulai sejak bulan Juni hingga Oktober seperti yang tertera pada surat Kerangka Acuan Kerja

5. Where
Lokasi pelaksanaan pekerjaan adalah di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika serta meliputi seluruh wilayah kota Pontianak dengan penugasan pemberi pekerjaan.

6. How
         Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam proyek ini yaitu sebagai beirkut: 
Persiapan: Segala sesuatunya menyangkut kelancaran pekerjaan palaksanaan harus telah disiapkan di lokasi sebelum melaksanakan pekerjaan mulai dari jadwal terperinci, time schedule, mobilisasi peralatan dan tenaga kerja, serta kelengkapan administrasi lapangan harus disiapkan sebelum memulai pekerjaan.
Analisis Kebutuhan Sistem (Requirement Analysis): Mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan informasi terkait dengan sistem aplikasi yang akan dibangun.
Perancangan Aplikasi (Design): Membuat desain aliran kerja manajemen dan desain pemrograman yang diperlukan untuk pengembangan aplikasi Citizen Complaint Online.
Pembuatan/Pengembangan Aplikasi (Coding): Tahap pengembangan sistem informasi dengan menulis program yang diperlukan dengan menggunakan database MySQL dan bahasa pemrograman PHP.
Pengujian Aplikasi: Melakukan pengujian terhadap system yang telah dibuat, sebelum diimplementasikan.
Implementasi dan Pemeliharaan Sistem: Menyiapkan production, melakukan dokumentasi system agar mudah dalam perawatan dan mengkonversi system.
Instalasi Aplikasi: Melakukan pamasangan aplikasi  dan diuji apakah berjalan dengan baik apa tidak.
Pelatihan dan Pendampingan Operator Komputer:  Pelatihan bertujuan agar dalam penggunaan komputer dan aplikasi akuntasi tidak menghadapi hambatan kemudian hari dan meminimalisir resiko.

7. How Much 
Pembiayaan dari pelaksanaan pekerjaan ini bersumber dari APBD Kota Pontianak Tahun Anggaran 2021. Total pembiayaan yang diperlukan Rp. 39.350.000,- (Tiga Puluh Sembilan Juta Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Comments

Popular Posts